Tuesday, January 24, 2012

Melindungi email dari spam

Dipusingkan oleh spam yang masuk di email setiap harinya yang kadang berisi virus,spyware,malware dsb. Memang tidak mungkin sebuah email benar-benar aman dari spam, karena tindakan kita sendiri ataupun orang lain yang mendaftarkan email kita di guestbook atau bulletin boards dsb maka otomatis email akan terindeks di google,yahoo,dmoz dsb.
Terlebih lagi menampilkan email di sebuah website bisnis atau iklan adalah peluang terbesar untuk menerima spam WALAUPUN web tersebut menggunakan script yang aman dan memakai CAPTCHA sekalipun, namun bukan berarti kita tidak dapat melindungi email kita dari spam.
Langkah-langkah di bawah ini mungkin dapat membantu untuk menghindarkan email di banjiri spam.
  1. Jangan masukkan alamat email yang sebenarnya di guestbook atau bulletin boards. 
  2. Tidak mengaktifkan gambar atau bahkan email html di klien email Anda. Ketika memuat gambar ada risiko bahwa Anda akan mengirimkan identifikasi Anda ke server spammer dan dia akan mengaktifkan alamat email Anda dan mungkin menjualnya.
  3. Jika Anda benar-benar ingin memberikan atau mendaftarkan alamat email, Anda harus mengaburkan sebisa mungkin (masih dapat dibaca manusia). Sebagai contoh myname@yahoo.com tulislah seperti ini : myname(at)yahoo(dot)com, ini tidak akan menghentikan bot untuk mengidentifikasi email tsb tetapi paling tidak mengurangi resiko menerima spam.
  4. Jika memiliki domain sendiri gunakanlah semua fungsi dari domain tsb sehingga anda selalu dapat memblokir alamat tertentu bahwa ketika seseorang mulai mengirim spam atau menjual alamat email anda.
  5. Jika anda ingin membaca beberapa informasi atau mendaftar di guestbook atau bulletin boards gunakanlah alamat email sekali pakai. 
  6. Gunakanlah antivirus yang baik (anti malware,anti spyware dan adware detection tool).
  7. Jangan gunakan toolbars pihak ketiga di browser anda karena dapat memudahkan malware dan spyware untuk masuk.

Jangan sembarang mempercayai suatu website yang meminta alamat email anda, dan jika anda menggunakan alamat email untuk kontak langsung dengan bisnis yang serius atau perusahaan carilah yang kemungkinan besar tidak membahayakan, dan nonaktifkan render HTML email dalam klien mail pilihan Anda.

Jika anda menggunakan alamat email gratis seperti yahoo,google dsb gunakanlah fitur spam filter dengan demikian kita dapat memilah mana yang spam dan mana yang bukan,dan jangan lupa untuk menggunakan email blacklist.

Langkah-langkah di atas tidak menjamin email anda bebas dari spam tetapi mengurangi resiko email anda dari spam.